Rabu, 01 Juni 2011

Saling Mendukung dan Menolong Dalam Kebenaran (1Samuel 18:1-5; 20:1-43)

Ada istilah yang sering kita dengar, persahabatan itu seperti kepompong yang mengubah seseuatu yang menjijikkan menjadi sesuatu yang indah. Dari ulat menjadi kupu-kupu yang berwarna-warni. Lewat ungkapan ini mau menyatakan, persahabatan itu menimbulkan sesuatu yang baik bagi seseorang. Tuhan Yesus pun menegaskan pengertian persahabatan sejati yaitu seseorang yang mau memberikan nyawanya pada sahabat-sahabatnya (Yohanes 15:13).
     Mengenai makna persahabatan dalam Alkitab juga dapat kita lihat dari dua orang tokoh yang bersabahat yaitu Daud dengan Yonatan. Persahabatan antara mereka dinyatakan dengan berpadunya jiwa Yonatan dan Daud. Perpaduan itu diterangkan dengan sikap yang mengasihi sahabatnya seperti jiwanya sendiri. Persahabatan itu juga dinyatakan dengan perjanjian dan inisiasi penyerahan jubah, baju perang, pedang, panah dan ikat pinggang (1 Samuel 18:1-4).

     Setelah itu, terlihat pembelaan Yonatan terhadap Daud dari kejaran pasukan ayahnya yaitu Saul yang berusaha untuk membunuh Daud. Sehingga, Yonatanpun harus berhadapan dengan ayahnya. Tapi semua itu menjadi risiko bagi Yonatan yang betul-betul bertindak sebagai seorang sahabat bagi Daud. Dan setelah Yonatan mati dalam perang, Daud tetap memenuhi janjinya kepada Yonatan untuk mengurus keturunan Yonatan dan Mefiboset.

     Untuk itu, kita mendapat pelajaran tentang arti seorang sahabat yaitu : Pertama, saling mendukung dan menolong dalam kebenaran karena hubungan mereka berdasarkan sumpah kepada Tuhan. Kedua, sebagai sahabat dalam mendukung dan membela kebenaran tidak akan mundur walau harus berhadapan dengan ancamana yang datang dari orang terdekat sekalipun. Ketiga, dukungan dan pertolongan dalam kebenaran bukan membabi buta, tetapi berdasarkan fakta  yang ada. Sehingga kebenaran itu bukan hanya kebenaran sepihak tetapi bersifat obyektif. Keempat, dukungan dan pertolongan itu siap diberikan kapan saja (seperti yang dilakukan oleh Daud terhadap Mefiboset).

Dukungan dan pertolongan harus kita lakukan dalam kebenaran Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar